Rekonstruksi Sejarah Isa al-Masih

Cover

Penulis : ARMANSYAH

Dan Kami telah turunkan kepadamu al-Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian/korektor terhadap kitab-kitab yang lain itu. (QS AL-Maidah (5) :48)

Cerita yang sampai dikita pada umumnya hanya terbatas pada kenabian Isa dikalangan Yahudi, lalu bagaimana dengan ke-10 suku lain ? Padahal al-Qur’an tidak membatasi misi Isa pada umat Yahudi semata tapi ” Rasul kepada Bani Israel ” (QS. 3/49) 

Dari al-Qur’an, kita tidak menemukan satu ayatpun yang berbicara tentang kisah Isa al-Masih yang masih hidup sampai saat ini. Sebaliknya ayat-ayat al-Qur’an yang berbicara mengenainya dengan tegas menyatakan tentang sudah wafatnya beliau as. dan ini saya pertegas ulang dalam buku kedua ketika menjawab klaim ke- “al-masihan” oknum-oknum tertentu seperti MGA, Musaddiq atau Lia Eden. 

Dengan penganalisaan yang cukup panjang dan komprehensif, saya berusaha mengawinkan seluruh data-data yang bercerita mengenai kenabian Isa dan eksistensinya dikomunitas Bangsa Israel diberbagai tempat sehingga menjadi satu kesatuan kesejarahan utuh.

Saya juga berusaha memecahkan sejumlah misteri dari tahun-tahun hilang sang Nabi mulai dari kecil hingga kemunculannya ditengah umat Israel pada usia 30 tahunan kemudian melacak jejak-jejak kesejarahannya setelah tragedi penyaliban.

Seberapa jauh kebenaran yang ada dari usaha rekonstruksi ini maka tentu saja sifatnya relatif, sebab al-Qur’an sebagai otoritas kebenaran tertinggi didalam Islam sama sekali tidak menjelaskan dengan detil tentang masa-masa hidup beliau as. Sehingga praktis semua hal yang dikaitkan dengannya harus diseleksi dengan standar-standar baku al-Qur’an seperti ajarannya, misinya ataupun orang-orang yang ada disekeliling beliau.

Terus terang buku pertama ini punya kelemahan disatu sisi, yaitu saya terlewatkan membahas hujjah-hujjah dari Syaikh Nasiruddin al Al-bani tentang eksistensi Isa al-Masih yang disebut-sebut masih hidup. Tapi Alhamdulillah saya sudah menjawabnya dibuku kedua secara komprehensif. Sehingga kekurangan tersebut dapat tertutupi.

Untuk referensinya sendiri pada buku pertama, secara jelas saya cantumkan disetiap catatan kaki buku yang dapat dibuktikan seberapa jauh kebenaran data yang saya cantumkan dibuku tersebut.

Tetapi yang jelas, satu hal saya yakin yaitu misi kenabian Isa al-Masih hanya dan hanya terbatas pada Bani Israel, komunitas Yahudi adalah satu dari sasaran dakwahnya sebab diluar Yahudi, masih ada 10 bangsa Israel lain. 

http://armansyah.swaramuslim.net
http://arsiparmansyah.wordpress.com
https://rekonstruksisejarahisaalmasih.wordpress.com
http://jejakpararasulsetelahmuhammad.wordpress.com/

16 Tanggapan

  1. selamat kk udah terbit bukunya….
    tapi..kenapa di toko buku kharisma lum di terbitin yah..???

    ya udah..suskes ajah..
    semoga ini awal yang baik,,dan buku2 selanjutnya bisa lebih terinspirasi…amien…

    caknyo lah banyak yang pesen buku tuh,,,!!!!
    hahahaha….

  2. Selamat Pak atas bukunya, saya baru baca resensinya, sepertinya ada kemiripan dengan buku Nicholas Notovich ‘The Life of Holy Isa” dan buku Syafi R Batuah ‘Nabi Isa dari Palestina ke Kashmir’.
    Menarik penjelasan mengenai bahwa Nabi Isa sudah wafat tidak hidup di langit dan disamarkan artinya disalib tapi tidak sampai mati kemudian sembuh luka2nya dan berkelana sampai ke India.
    Selama ini yang mempunyai keyakinan seperti itu adalah orang Ahmadiyah, tetapi sekarang sudah banyak juga yang percaya seperti anda juga. Memang kadang pemikiran pencerahan harus melawan arus pemikiran umum bahkan para ulama sekalipun. Wassalam.

  3. Terimakasih untuk semua komentar yang masuk

  4. apa betul ke India..? bukan nya diangkat ke langit.?

  5. Untuk defenisi dari istilah pengangkatan Isa yang terdapat didalam al-Qur’an, saya sudah menyiapkan pembahasan lengkapnya dibuku “Jejak Nabi Palsu”. Disana saya membuat bahasan khusus tentang ini, dan anda InsyaAllah bisa menjadikannya sebagai pemikiran serta kajian lebih jauh.

    Dalam buku Rekonstruksi Sejarah Isa al-Masih, lebih banyak memaparkan sejarah beliau secara global. Bahwa beliau tidak hanya pernah pergi ke India tetapi juga ke Inggris, Jepang, Himalaya, Prancis Selatan, Roma dan Ephesus serta sempat kembali ke Yerusalem setelah peristiwa penyaliban.

  6. bagi yg berminat akan jawaban yg ilmiah dan obyektif dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan sumber-sumber datanya tentang legenda perjalanan
    yesus ke india saudara semua dapat membacanya di buku
    yg ditulis oleh pakar sejarah dan apologet kristen yg keilmuan
    nya tidak diragukan lagi sdr.Bambang Noorsena SH,MA ahli
    perbandingan agama lulusan cairo mesir dalam bukunya:
    Juz Azaf:sekitar legenda ahmadiyah tentang lolosnya yesus
    dari dari kayu salib dan hijrahnya ke india.penerbit iscs dan
    paguyuban amin sby

  7. Berikut ada tanggapan dari Tim Fakta :

    Bagaimana kalau kita uji keilmuan kita tentang Alkitab secara terbuka dengan mengacu keilmuan para Teolog resmi Kristen dan seluruh buku-buku resmi Kristen.

    Anda bisa panggil partner Pendeta kebanggaan anda yaitu Pendeta Pariadji yang anda agung-agungkan yang suka memberi minyak urapan pada anda…atau Bambang Noorsena yang katanya pakar kristologi yang telah “menyikat” Kristen Unitarian (tapi ternyata sangat memalukan) di Yogyakarta yang ternyata juga teman dari si Habib Paulus Ata Mimi yang ternyata satu garis koordinator dengan Petrus Salindeho…

    Atau boleh juga anda memanggil Yusuf Roni yang katanya keturunan Fatahillah (atau perlu saya telpon ke Hpnya Yusuf Roni dengan STT Apostolos nya kalau anda mau mengajak dia?)…..atau anda juga bisa mendatangkan Gema Nehemia yang dulu kami kirimi surat Dialog tapi saat ini masih sembunyi dibawah ketiak Suradi (dan ternyata Suradi juga escape ke Los Angeles)

    Email: timfakta@swaramuslim.com atau langsung pada Sdr. Aris Hardinanto (aris.hardi@gmail.com)

    • Saya kristen protestan, buku Bang Arman walau hanya baca siringkasannya, saya nilai bagus untuk kepercayaan Islam. Jadi Yang Nasrani jangan berbantah , biarlah yang diyakini org muslim dipertahankan oleh muslim. Sementara apa yang diyakini org Nasrani baiklah ia tetap beriman pada Keempat injil dan Nubuatan yang tertulis dalam Taurat, Kitab Nabi-nabi . Bukankah Yesus sendiri berkata “Aku menggenapi Taurat dan Kitab Para Nabi” Yesus/Isa datang bukan memperbaiki dan meluruskan Taurat TAPI ++MENGGENAPI++. Jadi walau ratusan tahun Taurat mengalami perubahan dan gelombang sejarah. ISA saat di Bait Allah membaca Kitab Yesaya tidak memperbaikinya tapi berkata AKU DATANG UNTUK MENGGENAPINYA. Bukti Orang Israel sangat TAKUT untuk merubah TAURAT, Mereka hanya bisa membuat aturan atau penafsiran-penjelasan. EH Bagong klo lu Nasrani yang penting lu benar2 BERIMAN DAN MENJALANI AJARAN YESUS. jangan terjebak dalam debat kusir dgn yang suka otak atik yang lain. Ingat kisah ELIA, kebenaran akan dibuktikan oleh ALLAH sendiri.

  8. buku armansyah saja ditulis dgn sumber-sumber yg tdk
    kredibel,sudah di sanjung tinggi oleh umat islam spt
    tim fakta.Bagaimana anda mau berdiskusi kalau ilmu
    anda tentang sejarah yesus aja kacau balau?
    sumber-sumber legenda,kitab-kitab apokrifa,buku-buku
    picisan spt,the da vinci code dll yg anda terbitkan(serambi)
    anda jadikan rujukan dan anda mau berdiskusi dgn baik dan benar,adalah omong kosong.dan hanya debat kusir belaka.
    atau rujukan anda para theolog liberal spt barbara thering,crossan,yesus seminar dll.Mari mencari kebenaran
    tapi yg fair jangan ngawur bung fakta.wasalam

  9. To Rudy yang mengagunggkan Bambang Noorseno:

    yesus ke india saudara semua dapat membacanya di buku
    yg ditulis oleh pakar sejarah dan apologet kristen yg keilmuan
    nya tidak diragukan lagi sdr.Bambang Noorsena SH,MA ahli
    perbandingan agama lulusan cairo mesir dalam bukunya:
    Juz Azaf:sekitar legenda ahmadiyah tentang lolosnya yesus
    dari dari kayu salib dan hijrahnya ke india.penerbit iscs dan
    paguyuban amin sby

    Bagus kalo anda berpendapat begitu…….kita dari Tim Fakta Jawa Timur memang sedang menunggu Bambang Noorseno dan antek-anteknya untuk mempertanggung jawabkan kedekatannya dengan Habib Paulus Ata Mimi….sebaiknya Kristiani seperti anda jangan sekedar banyak omong gembar-gembor gak karuan….sudah banyak model-model seperti anda yang keok ketika debat terbuka…..

  10. salam,
    Sdr Aris Hardinanto,jangan sewot dong,jangan membawa-
    bawa nama-nama orang lain kalau menjawab .Anda juga
    tidak kenal mereka.Buku armansyah yg anda bela dgn tim
    fakta anda adalah cara-cara islam dalam berdakwah dgn
    licik.Krn buku armansyah adalah ngawur.sdr.Rudy benar
    armansyah bukan memberi sejarah isa yg benar tapi tambah
    menambah sejarah isa yg ngawur spt quran anda yg tidak
    jelas membahas mengenai sejarah isa.quran anda bukan
    penjelas yg lengkap spt klaim-klaimnya sbg kitab yg lengkap
    jelas dll.tapi tambah ngak jelas aja.MENDING ANDA MENGKRITISI QURAN ANDA SPT ISLAM LIBERAL YG
    TELAH MEMPELOPORINYA ATAU ANDA KE http://WWW.INDONESIA.FAITHFREEDOM.ORG.wasalam

  11. Pro dan kontra akan selalu ada, saya tidak akan menghabiskan waktu dengan semua perdebatan kusir yang tidak akan pernah bertemu ujungnya.

    Yahudi tidak akan pernah membenarkan Kristiani, begitupun Kristiani tidak akan pernah membenarkan Islam. It’s a natural phenomena.

    Didalam Islam, konsepsi Tauhid sudah sangat tegas. Kami tidak akan pernah bisa menerima pernyataan ketuhanan al-Masih. Sebab beliau faktanya memang hanya seorang anak manusia biasa yang diangkat menjadi Rasul.

    Kami menghormati beliau dalam penghormatan yang semestinya, tanpa harus menjadikan dia sebagai pribadi Tuhan selain Allah.

    Saya maklum dengan semua kontra-argumen yang dikeluarkan oleh para penganut Kristen terhadap buku saya. Sebab memang buku saya sejak awal beranjak dari konsep al-Qur’an dan bukan beranjak dari konsep paganisme.

    Salam persaudaraan bagi semua.,

    Armansyah

  12. To BAGONG: Oh jadi anda mengira tidak kenal dengan mereka, kita buktikan dnegan terbuka, berani gak? kita lihat siapa gak kenal mereka, saya atau anda, gak usahlah pake sembunyi-sembunyi, saya sudah tahu siapa kamu Gong……ayo kita buktikan secara terbuka biar semua orang Indonesia tahu siapa Faithfreedom sebenarnya, dan kiita lihat siapa Bambang Noorseno sebenarnya, mau saya telfonkan ke Hpnya Bambang Noorseno, saya tunggu jawaban “Ya” di Jawa Timur dari kamu Gong…saya sudah tahu siapa Faithfreedom itu, dan siapa di balik Faith freedom Indonesia,…..kita lihat Athies yang di backingi Kristen di Faithfreedom atau Islam yang akan unggul….

  13. to.aris hardinanta.
    emang gue siapa bung aris?makanya jadi orang jgn sok
    urusi agama anda jgn suka mengurus agama orang lain.
    terbitkan buku boleh,tapi jgn menghujat agama lain.
    berdakwah boleh,tapi kenapa agama kristen ngak boleh
    dakwah?kenapa anda sewot dgn dakwah agama kristen?
    bukankah umat islam gencar dakwah?lihat tv,majalah,buku,radio dll isinya dakwah islam,umat lain
    ngak pernah sewot tuh?apalagi membentuk tim fakta segala,
    ha ha ha,mau pindah agama pindah aja,gitu aja kok repot
    kata gus dur.
    ada situs faithfreedom sewot,ada KKR sewot,ada radio dan
    tv kristen sewot,emang indonesia ini punya nenek moyang
    anda??GUE KASIHAN AMA AHMADIYAH,SESAMA UMAT ISLAM AJA DI ZALIMI,katanya islam cinta damai?islam rahmat bagi alam??alam yg mana bung?alam kubur??ha ha ha,SEMOGA INDONESIA DAMAI DAN TERHINDAR DARI
    RADIKAL,FUNDAMENTALIS ISLAM yang sukanya mengobok-obok agama lain,tapi giliran di obok obok ngak mau ha ha ha ha.wasalam.

  14. Ass.wr.wb,
    Isa akan turun dari langit ke dunia di akhir zaman dengan cahaya yang sangat terang benderang.
    Beliau adalah seorang manusia yang sangat suci tanpa dosa di sisi Allah S.W.T.
    Pengangkatan Isa ke langit adalah bukan urusan manusia begitu juga dengan turunya beliau di akhir zaman, tidak ada sesuatu yang mustahil bagi Allah S.W.T jikalau Allah S.W.T berkehendak.Ingat sifat-sifat Allah S.W.T yang ke sembilanpulusembilan tersebut dan jangan seperti kaum yahudi yang selalu menanti rasul lantas membunuhnya tanpa alasan yang tepat ,oleh karena rasul tersebut membawa pengajaran yang tauhid lantas dibunuh secara tidak berperikemanusiaan, apakah kita juga mau ikut jejak seperti orang-orang kafir itu?
    Janganlah kita berpikiran sewenang-wenang terhadap Allah dan rasulNYA.Setiap rasul selalu membawa pengajaran yang sama yaitu Sembahlah Allah S.W.T ini adalah jalan yang lurus.
    Peganglah agama islam dengan kuat karena akhir zaman ini akan banyak datang perselisihan antara umat islam dan banyak percobaan, syeitan dan bala tentaranya tambah bekerja keras untuk menyesatkan seluruh anak adam yang dicintai rasullallah.
    Waspadalah, bersabarlah karena pertolongan akan datang, YAKINLAH.
    Allah S.W.T tidak akan membiarkan hamba-hambanya dalam kesesatan.Pertolongan InsyaAllah akan hadir di Indonesia dahulu, karena banyak masyarakat islam yang soleh.Islam akan bangkit dengan penuh kepercayaan dan memperkuat keimanan dan persaudaraan.
    Wassalam.

  15. sumber rujukan:Tarjamah sunan an-nasa’iy
    oleh ustadz bey arifin,yunus ali al-muhdor
    penerbit cv. asy syifa-semarang.jilid 1
    boleh hub no.:08993755829(bagong)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: